Alami Gejala Flu Perut, Inilah Cara Mengatasinya agar Cepat Sembuh

Istilah flu perut memang belum familiar di telinga. Akan tetapi, kondisi gastroenteritis bisa terjadi akibat beragam virus yang menyerang. Beragam gejalanya seperti mual, demam, sakit kepala, pegal di otot, dan diare. Kondisi tubuh pasti tidak akan nyaman dan berlangsung sampai 10 hari, seperti yang dijelaskan di situs honestdocs.id. Jika mengalami berbagai gejala flu perut tersebut, segeralah melakukan berbagai tindakan penyembuhan sebagai berikut.

  • Mengonsumsi Makanan dan Minuman Hangat yang Bergizi

Banyak keluhan yang dialami saat sakit karena adanya berbagai gejala yang ditimbulkan. Saat mengalami gastroenteritis, penderita harus segera melakukan penanganan yang tepat sebelum periksa ke dokter jika kondisinya makin parah.

Penyakit yang disebabkan oleh penularan virus, bakteri, dan logam berat lainnya ini dapat menimbulkan rasa sakit yang tak tertahankan. Untuk meredakannya, Anda dianjurkan mengonsumsi minuman hangat, seperti air putih hangat, teh hangat, atau jahe hangat.

Setelah itu, konsumsilah makanan hangat agar perut terisi dan tenaga kembali pulih. Minuman dan makanan hangat juga mampu merelaksasi tubuh agar rasa nyeri dan gejala flu perut lainnya bisa segera hilang. Nutrisi yang terkandung dalam makanan dan minuman hangat tersebut juga harus diperhatikan. Selain minuman menyehatkan tadi, Anda juga lebih dianjurkan mengonsumsi bubur atau sup hangat.

  • Mengonsumsi Cairan Sebanyak Mungkin

Setelah mengalami gejala flu perut seperti dijelaskan di atas, Anda harus mengonsumsi cairan sebanyak mungkin untuk mengganti cairan yang hilang. Dengan cara mengonsumsi cairan yang lebih banyak, tubuh juga jadi lebih sehat dan semakin mampu melawan infeksi virus atau bakteri yang menyebabkan rasa sakit di perut.

  • Memperbanyak Istirahat
https://asset.kompas.com/crops/a2qCTwWjqVkA01vPU7dxF9XeBzM=/69x0:848x519/750x500/data/photo/2018/11/08/1906697664.jpg

Saat sudah terkena gastroenteritis ini, Anda harus segera beristirahat. Hentikan semua aktivitas yang sedang dikerjakan. Meskipun gejalanya sudah mereda, sebaiknya tetaplah beristirahat agar kondisi tubuh benar-benar pulih seperti sedia kala. Jangan sampai mengorbankan kesehatan karena kesehatan tubuh sangat penting. Lebih dari itu, flu perut yang disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri akan semakin parah jika dibiarkan dan tidak digunakan untuk beristirahat. Sayangilah tubuh Anda agar kondisi perut segera membaik dan bisa melakukan semua aktivitas seperti sedia kala.

  • Melakukan Akupresurre

Pernahkah mendengar istilah akupresurre? Cara ini sangat efektif membantu mengobati gastroenteritis. Tindakan ini dapat mengatasi kondisi mual sebagai salah satu gejala flu perut agar segera hilang. Caranya adalah dengan menekan bagian yang jaraknya tiga jari di bawah telapak tangan. Tekanlah area tersebut menggunakan ibu jari tangan dan Anda akan sensitif di titik antara dua bagian tendon. Pijatlah titik tersebut dengan ibu jari selama 2-3 menit.

  • Memeriksakan Diri ke Dokter

Mengingat banyaknya gejala flu perut yang juga mengkhawatirkan, Anda harus segera melakukan berbagai tindakan di atas. Penanganan utama seperti berbagai tindakan di atas juga sangat perlu dipahami sebagai tindakan awal penyelamatan kondisi diri sendiri sebelum periksa ke dokter. Perawatan di rumah dengan baik juga sudah bisa menangani kondisi gastroenteritis yang tidak parah. Jika gejalanya berlangsung terus menerus sampai lebih dari 2 hari atau gejalanya tak tertahankan lagi, segera periksakan saja ke dokter.

Jadi, sangat penting untuk mengetahui gejala yang ditimbulkan untuk kemudian memahami sebenarnya apa yang sedang dialami. Gejala dari berbagai gangguan kesehatan memang bisa dipahami, meskipun tidak bisa tepat dalam mendiagnosis. Akan tetapi, minimal Anda bisa melakukan penanganan segera setelah merasakan gejala flu perut tersebut. Baru setelah itu, pemeriksaan medis akan memberi jawaban apa sebenarnya yang sedang dialami.

Sumber Artikel:

www.honestdocs.id

www.alodokter.com

id.wikihow.com

Sumber Gambar:

jakarta.tribunnews.com

www.kompas.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *